Cara Membuat Aplikasi WebView | Mit App Inventor 2

Piye Kabare Bro…!!!
Cara Membuat Aplikasi Web | Mit App Inventor 2 , Setelah mempelajari cara mendaftar di mit app inventor 2 secara online maupun offline, sekarang waktunya membuat aplikasi android layaknya master ( kayaknya lebay ya…?). Bagi yang belum tahu apa itu app inventor 2, cara mendaftar secara online atau install secara offline bisa BACA DISINI . Untuk yang sudah siap kita lanjutkan step by step beserta penjelasannya.

Cara Membuat Aplikasi WebView | Mit App Inventor 2

Untuk yang baru mengenal App Inventor 2, sebelum mulai tutorial kita ingatkan lagi untuk membaca dengan teliti dan memperhatikan gambar. Penjelasan di gambar nantinya akan lebih banyak membantu dan memudahkan memahami membuat aplikasi. Kita lanjut langkah-langkah pembuatan aplikasi android webview.
http://www.semuasoftware.com/2016/09/cara-membuat-aplikasi-webview-mit-app-inventor-2.html
Buka Program AI2, lalu buat project dengan klik Start New Project. Disini saya buat dengan nama coba1, nama project harus gandeng atau menggunakan tanda penghubung underscores. Klik Ok, maka akan muncul tampilan screen 1 atau halaman awal.
Sambil lihat gambar, pada halaman awal  atau design ada 4 kolom. Mulai dari kiri, Pallete untuk menyusun atau membuat button, gambar, musik, peta dll. Viewers adalah tampilan awal yang nantinya ada di aplikasi kita. Components adalah nama dari pallete yang akan kita masukkan dalam aplikasi. Kemudian yang terakhir ada Properties, yaitu  pengaturan dari pallete, viewers dan components. Untuk penjelasannya cukup itu dulu, karena kita fokus ke pembuatan aplikasi.
1. Atur align horizontal ke center, atau left maupun right terserah kalian. Ini untuk menata button yang akan kita letakkan nantinya akan otomatis tertata rapi.
2. Atur align vertikal ke center, atau top maupun bottom terserah kalian. Sama seperti diatas, pengaturan ini untuk menata button yang akan kita letakkan nantinya akan otomatis tertata rapi ke atas, tengah atau bawah.
3. Ubah warna background dengan warna kesukaan kalian, disini saya pakai warna orange.
4. Klik image background untuk menambah gambar background baik dari komputer maupun tempat lainnya. Disini saya ambil bunga mawar.
5. Klik icon untuk mengganti gambar tampilan default app inventor 2. Kalo kalian lihat perangkat android kalian disana ada gambar aplikasi yang sudah terpasang, sepeti fb, wa, instagram dll. maka fungsi gambar icon ini untuk itu. Untuk latihan ini saya gunakan gambar mawar. Kenapa saya suka mawar? karena barisan mantan penyuka mawar….. upss melenceng ya. Untuk gambar icon gunakan gambar vector berformat .png, supaya kelihatan cakep seperti penulis blog ini
http://www.semuasoftware.com/2016/09/cara-membuat-aplikasi-webview-mit-app-inventor-2.html
6. Screen orientation, untuk mengatur tampilan apakah potrait, landscape atau otomatis.
7. Scrollable, untuk menampilkan tombol naik dan turun
8. Title untuk menamai screen, bisa dikosongi atau dihapus atau bisa kalian ganti
http://www.semuasoftware.com/2016/09/cara-membuat-aplikasi-webview-mit-app-inventor-2.html

9. Masukkan masing-masing button dengan cara menyeret button dari pallete ke viewer, kemudian rename masing-masing button untuk memudahkan pengaturan. Hal ini untuk memudahkan pengaturan di blok nanti. Dibagian properties atur masing-masing.

10. Setelah desain selesai, sekarang bagian blocks (program) agar program bisa berjalan. Klik blocks dan seret sesuai gambar diatas.

11. Untuk melihat hasilnya kita bisa menggunakan connect atau build. Saya lebih suka build meskipun agak ribet. Dan aplikasi sudah bisa dijalankan melalui perangkat android.
Semoga artikel tentang Cara Membuat Aplikasi WebView | Mit App Inventor 2 , bisa bermanfaat.


Salam Koper

Satu Balasan untuk “Cara Membuat Aplikasi WebView | Mit App Inventor 2”

  1. I ԝas extremеly pleased to uncover this website.
    Ӏ need to to thank you for ones time for thіs particularly
    fantastic read!! I definitely really likeԀ
    eνery part of it аnd I have you saved as a favorite to checҝ out new information in your wеb site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *