Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 6

Piye Kabare Brooo…!!!
Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 6, Pada tulisan yang lalu kita sudah membahas bagian CheckBox, sekarang kita akan membahas masalah Chronometer. Chronometer ini bisa kalian pakai jika aplikasi yang akan dibuat membutuhkan penghitungan waktu. Sekedar mengingatkan untuk aplikasi yang dipakai sebagai tutorial ini menggunakan aplikasi appbuilder online, kunjungi halamannya disini .


Membuat aplikasi android semudah membuat mie instan
AppyBuilder

Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 6

Untuk menggunakan komponen ini kalian cukup menarik komponen chronometer ke tengah viewer dari bagian design. Untuk mengatur tampilan dari chronometer ini sama dengan bagian palette yang lainnya yaitu dengan mengatur propertiesnya. 

BackgroundColor

      Default

BackgroundColor berfungsi untuk merubah warna background dari chronometer. Warna awal dari background chronometer adalah none, untuk merubah warna background chronometer ini cukup klik tombol default lalu klik warna yang kalian inginkan.

Enabled

Tombol enabled ini berfungsi untuk mengatur fungsi komponen chronometer agar bisa berfungsi.

FontBold

FontBold merupakan menu untuk merubah angka pada chronometer menjadi tebal sama seperti fungsi bold pada ms-office. Dengan memberi centang pada menu FontBold akan mengubah tulisan di chronometer menjadi tebal.

FontItalic

FontItalic  merupakan menu untuk merubah angka pada chronometer menjadi miring sama seperti fungsi italic pada ms-office. Dengan memberi centang pada menu FontItalic akan mengubah angka pada chronometer menjadi huruf miring.

FontSize

Jika kalian merasa huruf di chronometer kurang besar atau kurang kecil kalian bisa merubah ukuran huruf nya di menu FontSize ini.

Width

Menu width ini untuk mengubah lebar menu chronometer yang ingin kalian buat.

Image

Untuk memberi gambar pada background chronometer.

ShouldResume

Komponen palette ShouldResume ini berguna untuk mengembalikan waktu chronometer ke awal atau 00:00
Started
Komponen Started ini berguna untuk memulai aktivitas chronometer
TextColor

      Default
Jika warna hitam tidak menarik bagi kalian, kalian bisa mengubah warna huruf nya komponen ini.
Visible
Komponen ini untuk menampilkan menu untuk menampilkan chronometer terlihat atau tidak secara default menu ini akan tercentang. Kalian bisa mengubah pengaturannya dengan menekan tombol centang.
Demikian Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 6 ini kami buat. Ikuti terus kelanjutannya 
Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *