Kategori
Tips&Trick

Aktivitas Yang Dilakukan Malware

Piye Kabare Brooo…!!!
Pembahasan tentang malware tidak akan ada habisnya, karena selama program komputer berkembang, maka malware juga akan mengikuti perkembangan tersebut.  Setelah membahas ciri-ciri komputer yang terkena malware, sekarang kita akan bahas aktivitas yang dilakukan malware. Banyak orang menganggap segala hal yang merusak sistem komputer adalah virus. Sebenarnya kurang tepat, karena virus sendiri adalah bagian dari malware. Nah kali ini kita akan  berkenalan dengan malware, apa itu malware , jenis dan bagian dari malware, asal usul malware, cara penyebaran malware, cara mengatasi malware dan sebagainya.

Aktivitas Yang Dilakukan Malware 

Malware umumnya bisa menyebar dan menggandakan dirinya sendiri untuk menginfeksi sistem komputer kita. Berikut ini adalah aktifitas yang dilakukan malware saat sudah berada dalam sistem komputer kita.

Infeksi Program

Malware akan menginfeksi program lain yang ada dalam komputer kita dan bahkan merusaknya. Aktivitas yang dilakukan malware ini sangat merugikan sekali bagi kita pemilik komputer, program ms office yang terpasang bisa terganggu bahkan rusak, dan banyak program yang ada dikomputer kita yang lain juga akan terganggu.

Duplikasi

Aktivitas yang dilakukan malware salah satunya adlah menduplikasi dirinya menjadi beberapa. Hal ini selain membebani resource komputer  kita menjadi berat juga akan membuat sulit mematikan malware. Duplikasi diri ini dilakukan malware demi kelangsungan hidupnya.

Backdoor

backdoor atau pintu belakang, awal mula digunakan programer untuk membuka akses khusus dalam sistem komputer dengan tujuan memperbaiki program yang rusak didalamnya. Namun Aktivitas yang dilakukan malware membuat backdoor, agar bisa masuk dalam sistem komputer untuk mengambil data atau bahkan merusaknya.

Mata-mata

Merekam aktivitas yang kita lakukan di depan komputer dan mengirimkannya melalui internet kepada pembuat malware adalah salah satu Aktivitas yang dilakukan malware.

Buka Port

Salah satu Aktivitas yang dilakukan malware lainnya adalah membuka port agar sistem komputer kita dapat dikendalikan oleh control server melalui smbungan internet

Menyembunyikan Diri

Melakukan hook  ke sistem komputer kita ataupun semua program yang ada untuk menyembunyikan diri.

Registry

Memanipulasi, memodifikasi dafaatkan registry maln merubah registry dari sistem komputer kita untuk berjalan setiap kali komputer kita nyalakan merupakan Aktivitas yang dilakukan malware. Selain itu memanfaatkan registry malware juga dapat aman bersembunyi dari kejaran antivirus.

Selanjutnya
Sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *