Kategori
android

Cara Memperbaiki Ponsel Android Yang Restart Sendiri

Piye Kabare Brooo…!!!
Cara Memperbaiki Ponsel Android Yang Restart Sendiri  , Sistem operasi Android saat ini merupakan sistem operasi perangkat mobile yang populer saat ini  Hal ini dikarenakan selain aplikasinya sudah canggih harga smartphone android ini juga murah. Sistem operasi android juga memiliki banyak aplikasi yang tersedia di playstore secara gratis. Sehingga kalian tidak perlu heran bila pengguna ponsel android sangat banyak jumlahnya. Sama seperti sistem operasi yang lain, android juga bisa mengalami kerusakan termasuk salah satunya adalah android restart sendiri atau android mati sendiri.

Cara Memperbaiki Ponsel Android Yang Restart Sendiri  Cara Memperbaiki Ponsel Android Yang Mati Sendiri

Cara Memperbaiki Ponsel Android Yang Restart Sendiri

Menggunakan smartphone android banyak yang bisa kita lakukan, mulai dari membuka aplikasi media sosial, chatting dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengirim dan melihat email atau hanya sekedar melihat berita. Sebagai alat yang kita gunakan setiap harinya hp android merupakan salah satu kebutuhan utama, namun tak jarang sebuah ponsel android mengalami permasalahan baik pada software maupun hardware nya. Permasalahan yang biasa terjadi pada smartphone android adalah sering restart atau mati dengan sendirinya.

Android Restart Sendiri

Jika kalian sering mengalami ponsel android restart sendiri tentu akan sangat menggangu apalagi jika kita sedang membuka aplikasi yang penting. Sebelum memperbaiki ponsel android yang restart sendiri kalian harus mengetahui apa saja penyebabnya. Berikut ini kami paparkan beberapa penyebab ponsel android sering restart sendiri.

Penyebab Ponsel Android Restart Sendiri

  • Ponsel android kalian yang berjalan di latar belakang sangat banyak. Banyaknya aplikasi yang terbuka ini dapat memakai jumlah RAM yang besar. Hal ini  dapat menghambat kinerja processor. Jika kinerja processor pada ponsel android terhambat maka ponsel android kalian akan semakin lambat sehingga  ponsel akan restart dengan sendiri.
  • Ponsel android yang terlalu panas akibat banyaknya aplikasi yang terbuka juga bisa memaksa sstem untuk mematikan ponsel android secara otomatis meski dalam keadaan hidup. Hal ini untuk menghindari ponsel kalian meledak akibat suhu panas yang berlebihan pada ponsel kalian.
  • Umur ponsel sudah tua merupakan penyebab permasalahan ponsel android sering restart sendiri. Mungkin ada beberapa komponen  pada ponsel android yang rusak akibat usia ponsel android yang sudah tua. 
  • Sering membuka pasang batere ponsel android bisa menyebabkan konektor penghubung batere ponsel android longgar dan bisa menyebabkan ponsel android sering restart sendiri. .
  • Virus yang masuk ke ponsel android kalian pada saat browsing di internet atau saat mencopy data yang terjangkit virus bisa membuat ponsel android kalian restart sendiri.
  • Sampah file yang menumpuk pada ponsel android. Hal ini sebenarnya dapat menghambat kinerja ponsel android. Dampak buruknya bisa memperlambat kinerja ponsel android dan seperti permasalahan ini dapat juga membuat ponsel android sering restart atau mati sendiri.
Setelah kalian sudah mengetahui penyebab yang mengakibatkan ponsel android sering restart dengan sendirinya  maka akan mudah bagi kalian untuk memperbaikinya meskipun masih banyak penyebab lainnya

Cara Memperbaiki

Pantau ruang penyimpanan kalian  tidak terutama ruang penyimpanan internal. Salah satu penyebab ponsel android sering restart sendiri adalah penuhnya ruang penyimpanan internal pada android. Pindahkan aplikasi besar pada ponsel kalian ke  penyimpanan eksternal atau SD Card.

Pasang anti virus pada ponsel kalian, karena hp android yang terkena virus akan menyebabkan android tersebut lelet atau lemot, dan bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat ponsel android sering restart sendiri.Pasang Aplikasi Ini Dijamin Virus Iklan Hilang Dari HP Android

Matikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, karena hal ini akan menggunakan RAM yang besar. Selain itu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa menyebabkan batere ponsel android kalian boros dan membuat usia ponsel android kalian menjadi pendek. Untk menghentikan atau mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut caranya cukup mudah yaitu  melalui pengaturan kemudian aplikasi yang sedang berjalan lalu  hentikan/force close.

Hapus aplikasi yang tidak penting dan mempunyai ukuran yang besar, semakin banyak aplikasi yang terinstall serta ruang penyimpanan yang penuh pada android, maka akan membuat android tersebut lemot serta dapat mengalami restart atau mati dengan sendiri.

Fitur Auto-Sync memang banyak sekali gunanya bagi pengguna android, namun fitur ini dapat membuat ponsel android lambat. Jika ponsel android sudah lambat, maka  biasanya ponsel android sering restart secara sendiri. Untuk mengatasi hal ini kalian dapat mematikan fitur Auto-Sync melalui pengaturan kemudian klik akun dan  matikan fitur Auto-Sync.

Data Cache  berfungsi untuk menyimpan proses-proses yang di jalankan oleh android dan mempunyai fungsi mempercepat android untuk digunakan setelah ponsel dimatikan atau saat restart perangkat. Namun lama-kelamaan cache partition ini akan menumpuk dan  menjadi semakin banyak. Data cache yang menupuk ini dapat menyebabkan android menjadi lemot dan mengalami restart secara sendiri. Bersihkan Data Cache dengan cara buka pengaturan pilih aplikasi lalu hapus data cache. Kalian juga bisa menghapusnya melalui aplikasi ini Mengatasi Memori Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Cara terakhir adalah melakukan Factory Reset, jika kalian sudah melakukan berbagai cara diatas, namun ponsel android masih saja tetap mengalami restart dengan sendiri. Dengan melakukan factory reset, android kalian akan kembali bersih sama seperti saat baru di beli. Untuk melakukan setel ulang ponsel android dapat kalian lakukan lewat Pengaturan kemudian setel ulang.

Nah semoga kalian bisa memperbaiki ponsel android kalian yang restart sendiri

Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *