Jenis-jenis Malware

Piye Kabare Brooo…!!!

Mengenal dengan dekat malware akan mempermudah kita mengatasi dan mencegah malware.  Setelah membahas ciri-ciri komputer yang terkena malware dan aktivitas yang dilakukan malware. Sekarang kita perlu tahu jenis-jenis malware yang ada di dunia ini. Banyak orang menganggap segala hal yang merusak sistem komputer adalah virus. Sebenarnya kurang tepat, karena virus sendiri adalah bagian dari malware. Nah kali ini kita akan  berkenalan dengan malware, apa itu malware , jenis dan bagian dari malware, asal usul malware, cara penyebaran malware, cara mengatasi malware dan sebagainya.

Jenis-jenis Malware

Malware banyak jenisnya, program berbahaya ini menurut cara penyebarannya dan aktivitas yang dilakukannya terbagi menjadi beberapa jenis

Virus

Virus merupakan salah satu jenis-jenis malware yang berbahaya. Virus juga merupakan kata yang paling sering disebut jika malware menyerang komputer kita. Virus merupakan program berbahaya yang mempunyai kemampuan menduplikasi diri dengan cara menginfeksi program yang sudah ada. Virus menyerang 95% OS Windows, 2% Linux, 1% Mac, 2% lainnya.
Contoh virus : sality, brontox dll.
Virus sendiri terbagi menjadi beberapa yaitu :
1. Boot Virus: Jika komputer dinyalakan, sebuah inisial program di boot sector akan dijalankan. Virus yang berada di boot sector disebut boot virus.

2. File Virus:  adalah virus yang menginfeksi executable program. Dilaporkan bahwa hampir 80% virus adalah file virus.
     
3. Multipartite Virus: Virus yang menginfeksi baik boot sector dan file.

4. Macro Virus: Virus yang menyerang file dokumen seperti Microsoft Excel atau Word. Ia akan memulai menginfeksi bila program aplikasi membaca dokumen yang berisi macro.

Worm

Worm adalah program yang menduplikasi diri dengan cara memperbanyak dirinya. Worm masuk melalui lubang atau celah keamanan yang lemah pada komputer kita. Worm tidak menginfeksi program lain layaknya virus, namun worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam suatu sistem komputer, worm juga bisa menyebar ke banyak sistem lainnya melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi.
Contoh worm : I-Worm/Happy99(Ska), I-Worm/ExploreZIP, I-Worm/PrettyPark, I-Worm/MyPics, ADMw0rm, CodeRed

Selanjutnya
Sebelumnya
Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *