Kategori
Pengetahuan

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 2

Piye kabare brooo…!!!

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 2 , sering menggunakan komputer, belum tentu kalian mengenal istilah yang ada dalam komputer. Tidak ada salahnya kalian belajar mengenal semua istilah yang berkaitan dengan komputer. Selain bertambah ilmu juga akan memudahkan kalian memperbaikinya  jika ada masalah dengan komputer.

komputer, android, windows
Komputer

 

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap

 I-modem: Hybrid-Modem yang sesuai dengan ISDN maupun jaringan analog.

ICMP  (Internet  Control  Message  Protocol):  protokol  TCP/IP  yang  dirancang  untuk  mengirimkan pesan-pesan berkenaan dengan status alat komunikasi network. Pesan-pesan ICMP dikirim untuk memberitahukan kondisi-kondisi seperti overloaded gateway, network ourgates, atau route pengalihan jurusan.
ICSA (InternationalComputer Security Association): suatu organisasi industriindependen yang secara tetap akan melakukan tes dan memberikan sertifikasi untuk softwaresoftware antivirus.
IDE (Integrated Drive Electronics): suatu standar yang menguraikan suatu hard disk drive dengan sirkuit-sirkuit disk drive yang dintegrasikan di dalam disk drive.
IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers): sebuah organisasi yang membuat standar- standar untuk telekomunikasi dan networking.

IETF  (Internet  Engineering  Task  Force):  organisasi  dalam  Internet  Society  yang  menangani persoalan-persoalan yang berhubungan dengan operasi harian Internet. Ketika sebuah operasional persoalan-persoalan meningkat, IETF membuat kelompok kerja untuk mengalamatkan persoalan- persoalan.
IMAP (Internet Main Access Protocol): sebuah protokol mail yang dirancang untukmeningkatkan POP3 (Post Office Protocol Version3) oleh pengizinan pemakai untuk membuat dan memanipulasi berkas mail secara langsung pada mail server. IMAP juga mengizinkan pemakai untuk men-download pesan-pesan header tanpa harus mendownload keseluruhan dokumen. [lihat E-Mail, POP3]
Integrity Checkers / Modification Detector: salah satu metode pendeteksian virus dengan cara melakukan perhitungan yang unik pada setiap file yang hendak diimunisasi dengan anggapan file tersebut tidak terinfeksi virus. Nilai perhitungan awal ini nantinyaakan dibandingkan dengan nilai yang didapat dari perhitungan saat file tersebutdieksekusi. Jika hasil perhitungan berbeda, berarti file tersebut telah dimodifikasi.
InterNIC (Internet Network Information Center): sebuah organisasi yang memberikan layanan registrasi,  menyusun  nama-nama  domain  DNS,  dan  memberikan  sumber-sumber  informasi  ke komuniti Internet.
Interpolasi  /  Interpolation:  pengisian  pixel pada celahkosong yang timbulkarena ada elemen gambar yang tidak terbaca oleh sensor (peningkatan resolusi). Warna dan kecerahannya merupakan rata-rata dari 2 pixel di sisi celah tersebut. Ini menghasilkan peralihan antarbaris yang lebih halus.
IP (Internet Protocol): network-layer protocol yang digunakan oleh network dan devices TCP/IP. Internet Protocol menentukan format untuk paket IP, yang dinamakan datagrams, selain bagaimana datagrams harus ditujukan dan dikirimkan ke seluruh IP network. [lihat BOOTP]
IP Address: sebuah nilai 32-bit,biasanya mewakili sebagai4 kelompok dari 3 digit, terpisah oleh titik- titik. Masing-masing devices pada Internetmempunyai sedikitnya satu alamat IP. Internet routing devices menggunakan alamat IP untuk menentukan kemana datagram dikirim.
IP masquerading: adalah jika kita menggunakan suatu firewalluntuk menyembunyikan IP address sebenarnya dari PC kita kepada PC luar.

IPv6: usulan pembangkit selanjutnya dari protokol IP. Ia berisikan banyak perbaikan-perbaikan, meliputi kenaikan IP network address spaceyang besar. Sebagai contoh,ia menaikkan ukuranalamat IP dari 32 bit ke 128 bit.

IPX (InternetworkPacket Exchange): protokolyang berfungsi untuk melakukanpertukaran data dalam sebuah network.

IPX/SPX  (Internetwork  Packet  Exchange/Sequenced  Packet  Exchange):  protokol  network  dan Transport-Layer yang digunakan oleh Novell Netware servers untuk sistem penghubungan network.

IRC (Internet Relay Chat): salah satu dari beberapa standar Internet untuk ngobrol secara langsung melalui keyboard. IRC memungkinkan untuk pembuatan chanel, pembicaraan pribadi, dan juga pertukaran  file.  Juga  didesain  untuk  memungkinkan  server  saling  berhubungan  dengan  server lainnya, sehingga muncullah beberapa jaringan IRC seperti: Undernet, DALnet, EFnet dan sebagainya.

IRC  channels:  merupakan  suatu  “tempat”  di  dalam  server  IRC  yang  memungkinkan  kita  chat (ngobrol) dengan orang lain. Chanel-chanel dibuat di dalam server IRC dan user bisa join (bergabung) ke chanel tersebut sehingga bisa berkomunikasi dengan orang lain yangada di chanel tersebut. Pesan/tulisanyang telah kita tulis di chanel hanya akan muncul kepada orang-orang yang terhubung ke chanel tersebut.Dua atau lebih user juga bisa membuat sebuat chanel “pribadi” sehingga mereka tidak diganggu oleh user lain. Nama chanel dimulai dengan karakter #.

ISA (Industry Standard Architecture): jenus bus pertama yang digunakan oleh PC, lambat dan kebanyakan user mulai beralihke PCI. Akan tetapi beberapa produsenmasih memproduksi motherboard dan card jenis ini. Saat ini masih banyakdigunakan oleh card-card SCSI yang disertakan pada scanner, CD writer, dan sebagainya. 8-P

ISDN (Integrated ServicesDigital Network): suatu sistem telekomunikasi yang mengintegrasikan layanan antara data, suara, dan gambar dalam suatu jaringan yang terpadu. Intergrasi dari sistem komunikasi ini memberikan keuntunganberupa penghematan dan fleksibilitas kepada para pemakainya, karena biaya pengadaan untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah dari pada bila kita membeli sistem yang terpisah.

ISO (International StandardOrganization): sebuah organisasi yang menentukan standar internasional.

ISO 9660: format CD yang mampu mengelola data 1 GB. 

ISP (Internet ServiceProvider): istilah untuk penyediajasa layanan Internet yang diambil dari bahasa

Inggris.

ITU (International Telephony Union): kelompok yang berasal dari Perancis dan dulu di kenal sebagai CCITT(Comite Consultatif Internationale Telephonique et Telegraphique). Agen dari PBB ini didirikan pada tahun 1970 untuk menjawabpertanyaan dunia akan masalah kompatibilitas modem dan menciptakan suatu standarkomunikasi dunia dan menentukan spesifikasi teknik telekomunikasi internasional.
 
 Halaman 1   2   3


Semoga artikel tentang Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 2 ,  bisa bermanfaat.



Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *