Kategori
Pengetahuan

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 3

Piye kabare brooo…!!!

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 3 , sering menggunakan komputer, belum tentu kalian mengenal istilah yang ada dalam komputer. Tidak ada salahnya kalian belajar mengenal semua istilah yang berkaitan dengan komputer. Selain bertambah ilmu juga akan memudahkan kalian memperbaikinya  jika ada masalah dengan komputer.

komputer, android, windows
komputer

 

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 3 

MacOS – Macintosh Operating System

Macro Virus: jenis virus yang menginfeksi file dokumen. Dibuat dengan menggunakan bahasa Word Basic atau bahasa macro.


Mailing  List  (Milis):  suatu  tempat  diskusi  melalui  e-mail  antara  beberapa  peserta  online. 

Pada sebuah server mail khusus disimpan daftar berisi alamat e-mail peserta. Server mail ini sendiri

dapat dihubungi melaluialamat e-mail. Bila seorang peserta mengirimkan e-mail ke server, otomatis 

mail ini disebarluaskan kepada semua peserta yang tercantum dalam daftar. 

MAN    (Metropolitan    Area    Network):    sistem    jaringan   komputer   yang  digunakan   

untuk menghubungkan organisasi-organisasi di gedung-gedung pada suatu perkotaan (perkantoran, 

pabrik) dengan jarak kurang lebih 50 Km.

MBR (Master Boot Record): program kecil yang panjangnya sekitar 340-bytes dan terletak pada partisi hard disk. Program kecil ini akan menjalankan proses bootingnormal, dan juga membaca tabel partisi,mencari drive booting, dan menyerahkan kendali pada program yang terletak pada sektor pertama dari partisi tersebut
MIB (Management Information Base): kumpulan status informasi yang   dipertahankan oleh agent SNMP yang dapat dilihat oleh manajemen station SNMP. 
Microkernel: berbeda dengan kernel monolithic, microkernel hanya berisi bagian-bagian terpenting (scheduler, routineinisialisasi, danmungkin manajemen memori). Sisanya seperti driver, sistem file, interface grafis dan komponen jaringanmerupakan program biasa bagi kernel. Keuntungannya: ia berukuran kecil, lebih sederhana dan batas antara memori komponen kernel dengan komponen user lebih baik. Dengan begitu microkernel lebih cocok untuk sistem paralel yang besar. Kelemahannya: kecepatan yang rendah dikarenakan perpindahan terus-menerus antara Kernel-Mode dengan User- Mode setidaknya memperlambat CPUIntel. BeOS contohnya menggunakan microkernel.

MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions): standar mail yang diperkenalkan oleh IETF yang menentukan  prosedur-prosedur  untuk  penanganan  pesan-pesan  meliputi  tipe-tipe  isi  campuran seperti grafik-grafik, teks, dan file-file binary lain.
Mip-Mapping: tekstur-tekstur disimpan dalam bermacam-macam resolusi. Dengan demikian akan prosesor untuk objek-objek yang jauh berada dibelakang tidak akan terbebani oleh detil-detil yang terlalu banyak. Objek-objek yang berada di depan memiliki tampilan yang lebih halus
MMX (Multi MediaExtension): secara teknismerupakan suatu ekstensi dari mikroprosesor Intel yang berupa penambahan 57 instruksi baru, penambahan tipe data 64-bit yang baru, serta penambahan register sebanyak delapan buah yang dioptimalkan untuk instruksi-instruksi multimedia.
MOD-File: file berisi susunanmaterial audio dan sampel instrumen. Dimainkan dengan program tracker.
Modem (Modulate/Demodulate): suatu alat bantu bagi komputer untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan telepon.
Morphing: dikenal orang sebagai penggabungan bentuk atau gambar-gambar yang disempurnakan.
Motherboard: panel fiberglass yang diletakkan di dasar (pada casing desktop)atau di samping (pada casing tower) yang bergunauntuk menghubungkan komponen-komponen sistem dengan cara dihubungkan dengan kabel atau ditancapkan langsung pada slot.
Motion  Capture:  pendeteksian  gerakan  seorang  aktor  melalui  sensor-sensor  yang  biasanya diletakkan di seluruh tubuh.
Motion Compensation: informasigambar yang berulang tidak diberikan untuk setiap gambar berikutnya, tapi melalui referensi vektor sehingga gambar bisa tampil lebih cepat dan mulus.
Moviez: film bajakan.

MP3: kompresi suara dengan menggunakan teknologi MPEG-1 Layer 3.Layer 3 dari 

MPEG-1 ini adalah lapisansuaranya saja. Untuk kualitas suara yang sama dengan format 

suara tanpa kompresi (contohnya kualitas CD Audio) mempunyaiperbandingan kompresi  

antara 10:1 sampai dengan 12:1, atau dengan bahasa teknikal membutuhkan 128kbps  

untuk kompresisuara dengan format 44.1KHz stereo.

MPEG-1 (Moving Picture Experts Group): suatu standar yang dikembangkan oleh ISOuntuk format kompresi file video dan audio. MPEG juga merupakan nama algoritma-nya. Sayangnya lisensi untuk format ini “belum” gratis, sehingga belum ada MPEG player yang open source.
MPEG-2:  proses  kompresi  yang  diperluas  untuk  data  video,  digunakan  pada  film  DVD.  Untuk playback file MPEG-2 dibutuhkansoftware dekoder dan prosesor yang handal atau dekoder MPEG hardware (card). 

MPEG-3: proses kompresi yang dikembangkan untuk broadcast HDTV (High Definition Television).  

MPEG-6: digunakan oleh NASA untuk mentransfer rekaman pesawat tanpa awak Pathfinder di Mars.  

MPU 401: norma pada PC untuk mengontrol MIDI-Synthesizer. Ini mencakup port I/O dan interrupt.   

Multiprocessing: kemampuan  suatu  sistem  komputer  untuk  menjalankan lebih dari satu proses dalam satu waktu. Sistem operasi yang mendukungnya memperbolehkan beberapa program berjalan bersamaan. UNIX salah satunyayang menggunakan multiprocessing secara luas, dan banyak lagi yang lainnya, termasuk OS/2. Multiprocessing lebih rumit daripada single-process karena sistem operasi harus mengalokasikan sumber daya-sumber daya kepada proses yang “berlomba” memperebutkan sumber daya tersebut.

Multiprogramming: suatu mode operasi yang memungkinkan dieksekusinya dua atau lebih program komputer secara interleaved (selang-seling) oleh satu prosesor.
Multitasking: merupakan prosedur untuk menjalankan beberapa proses secara bersamaan(paralel) pada sebuah CPU. Multitasking dilakukan oleh scheduler.
Multithreading: threads merupakan bagian dari proses,yang dapat dipisahkan untuk dijalankan secara paralel. Bila pembuat programmerencanakan beberapa threads, sebuah sistem operasi multithreading dapat menjalankan threadssecara paralel pada beberapa hardware .
Multiuser: proseduryang memungkinkan beberapaorang menggunakan sebuah PC pada waktu yang sama. Sistem operasi dengan multiuser sudah pasti mampu melakukan multitasking.

 Halaman 1   2   3

Semoga artikel tentang Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 3  ,  bisa berguna dan bermanfaat.



Salam Koper

1 reply on “Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap 3”

Good day I am so happy I found your web site, I really found you by error, while I was looking on Digg for something else, Regardless I
am here now and would just like to say cheers for a marvelous post and a all round enjoyable blog (I also love
the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have bookmarked
it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the awesome work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *