Kategori
Pengetahuan

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap

Piye kabare brooo…!!!

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap , sering menggunakan komputer, belum tentu kalian mengenal istilah yang ada dalam komputer. Tidak ada salahnya kalian belajar mengenal semua istilah yang berkaitan dengan komputer. Selain bertambah ilmu juga akan memudahkan kalian memperbaikinya  jika ada masalah dengan komputer.

komputer, android, windows
Komputer

Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap

0-Day: istilah khusus bagi para cracker/hacker yang berarti copy bajakan yang secepatnya diedarkan.

0-Day bisa berarti copy yang didistribusikan mulai hari ini yang sama dengan program aslinya, atau jarak antara crack dan publikasi copy bajakan. Atau, bisa juga berarti masa berlaku link-nya di Internet yang hanya beberapa jam.

3D-Now!™: merupakan perluasan dari teknologi MMXyang digunakan oleh prosesor AMD K6-2 dan K6-3.Teknologi ini berisi 21 operasi FPU baru dan berkat adanya proses pipelining, ia mampu melaksanakan4 perhitungan FPUper siklus clock. Tetapi register FP dari 3D-Now! hanya dapat dipakai dalam salah satu mode x87 atau MMX/3D-Now!. Perpindahan antara kedua mode ini akan memakan waktu, karena semua isi register akan hilang.

ACE: formatfile yang memungkinkan tingkat kompresi lebih tinggi dibandingkan Zip. Format ini sangat digemari para pembajak, tetapi juga digunakan untuk kompresi file yang legal.

ADC (Analog-to-Digital Converter): konverter analog ke digital.

Adware:  sama  dengan  freeware,  tetapi  dibebani  dengan  pemunculan  iklan. 

Agent: istilah untuk sebuah alat jaringan TCP/IPterkonfigurasi untuk SNMP. Agent mengumpulkan informasi yang ditentukan oleh MIB dan laporan-laporan yang salah, dinamakan traps, untuk pos pengolahan SNMP.

ALU (Arithmetic Logic Unit): salah satu unit dalam CPUyang melakukan segala perhitungan aritmetik dan logika.

AMR (Audio Modem Riser): merupakan inovasiterbaru untuk motherboard Intel yang memberi fungsionalitas untuk Audiodan Modem. AMR memungkinkan pembuatan motherboard tanpa fungsi I/O analog, tetapi fungsi ini tetap dapat digunakan dengan menggunakan sebuah card terpisah — denganchip codec yang ditancapkan secara tegak lurus pada slot AMR. Pemisahan ini mengakibatkan kualitas audio menjadi lebih tinggi dan lebih cepat.

Animated GIF: gambar bergerak dalam format GIFyang tersusundari beberapa frame. Saat diaktifkan, akan muncul gambar animasi yang sebenarnya adalah beberapa gambar GIF yang ditampilkan secara berurutan.

Animatronics : boneka Hydraulic yang dikendalikan oleh komputer

API (Application Programmer Interface): sebuah interfaceyang dirancang untuk mengizinkan para pemrogram untuk mengakses layanan tingkat terendah/tertinggi dari sistem operasi Windows.

APM (Advanced Power Managment): suatu fasilitasyang dimiliki oleh beberapa BIOS yang akan menyebabkan suatu mesin/komputer memasuki state standby setelah komputer tersebut tidak melakukan aktifitas dalam jangka waktu tertentu. Pada laptop, APM juga bisa melaporkan status batere dan jika didukung, akan melaporkan perkiraan kapan batere tersebut akan habis.

Applet: pada dasarnyaadalah java application yang dikurangi feature-featurenya sepertiI/O functionnya. Hal ini karena masalahsecurity. Coba bayangkankalau applet bisa membaca dan mengexecute suatu file di komputerclientnya? Applet setelah dicompile, di-embed ke halaman web dengan tagkhusus (<applet>). Banyak contoh-contoh gratis applet m atau dari ultimate-sitenya sun sendiri

Appz: istilahyang digunakan pembajak/crackeryang menyatakan aplikasi segala jenis dan ukuran, baik legal maupun ilegal.

Armored Virus: suatuvirus yang menggunakan trik khusus untuk menghindari dari usaha-usaha pelacakan, disassembly, dan pemahaman struktur pemrograman virus ini.


ARPAnet: eksperimen sistem perhubungan networkyang dibuat oleh DARPA (Defence Advanced Research   Projects   Agency),   dirancang   untuk   memperbaiki   komunikasi   antara   wakil-wakil pemerintahan dan memungkinkan peneliti-peneliti mempelajari bagaimanamembuat network-network yang dapat menahan bencana-bencana besar seperti perang nuklir atau bencana alam. ARPAnet kemudian akan menjadi Internet.
ASCII (American Standard Code for International Interchange): standar yang digunakan oleh semua komputer di dunia untuk konversi karakter. Boleh dibilang, ASCII adalah kumpulan karakter universal untuk semua jenis komputer;mulai dari mainframe, mini, hingga hand-heldPC. ASP (Active Server Page): merupakan halaman Web dinamis dengan ekstensi .ASP yang menggunakan script ActiveX biasanyaVBScript atau Javascript. Ketika browser membuka sebuah halaman ASP, web server akan membuat sebuah halaman dengan format HTML dan mengirimkembali ke browser untuk ditampilkan. Halaman ASP mirip dengan script CGI, tetapi keduanya memungkinkan programmer Visual Basic bekerja dengan tool-tool yang tidak asing lagi.
Assembly: merupakanbahasa pemrograman komputertingkat rendah (low level computer language) yang menggunakan singkatan-singkatan yang disebut mnemonics.
Assembler: programyang menterjemahkan bahasa Assembly menjadi bahasa mesin agar dapat dieksekusi oleh CPU.
AT Command Set: standar industriuntuk perintah komunikasi. Standar ini juga terkenal dengannama Hayes Command Set.Bila sebuah modemdikatakan “Hayes-compatible”, maka berarti modem tersebut dapat menggunakan Hayes Command Set dan kompatibel dengan Hayes.
ATA (AT Attachment)/Standard-ATA: suatu standar antarmuka (interface) yang digunakan untuk menghubungkan hard disk IDE dengan bus AT (16-bit) (CD-ROMbelum didukung) yang umumnya digunakan dalam komputer-komputer IBM PC/AT kompatibel.  
ATA-2: pengembangan dari ATA yang mendukung sampai 4 device termasuk CD-ROM dengan kecepatan transfer maksimum 16.6 MB/s. 
ATM (Asynchronous Transfer Mode): merupakanteknologi pertama yang mampu mentransmisikan berbagai tipe lalu lintas seperti suara, video, dan data melalui mekanisme transmisi digital tunggal.
Attachment: file-file yang disertakan / disisipkan pada e-mail yang dikirim.
ATX: format motherboard masa kini yang susunannya terputar90% dari Baby-AT/BAT, posisi kelompok komponen ditentukandengan jelas, sakelar power supply memiliki fasilitas standby dan terkendali secara software,bidang kontak yang terjangkau dari luar, juga lebih banyak tempat untuk card yang panjang.
Audio-grabbing: membaca/menyalin data audio yang terdapat dalam format khusus pada CD.
AVI (Audio Video Interleave): merupakan format audio dan video yang digunakan oleh Windows, yang merupakan format umum untuk film dan video yang singkat.

 Lanjut >>>> Hal 2  



Semoga artikel tentang Mengenal Istilah Dalam Komputer | Terlengkap ,  bisa bermanfaat.



Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *