Kategori
Windows

Periksa Batere Laptop | Minimalkan Kerusakan

Piye Kabare Brooo…!!!
Periksa Batere Laptop | Minimalkan Kerusakan , Sebagian besar pengguna laptop pasti pernah merasakan masalh batere laptop yang boros atau cepat habis. Dan permasalahan ini sangat mengganggu sekali, karena laptop sebagai perangkat yang mobile, batere merupakan sumber energy terpenting jika tidak ada listrik. Harga batere laptop yang tidak murah merupakan masalh besar jika batere terganggu dan rusak. Deteksi dini permasalahan merupakan jalan terbaik untuk memperpanjang umur batere kalian.
Cara sederhana dengan perintah Command Prompt, kalian dapat mengetahui error, warning dan info dari kondisi batere laptop kalian.  Nantinya sistem akan melakukan diagnosa secara menyeluruh mengenai penggunaan baterai beserta solusinya.
Berikut langkahnya :
1. Masuk ke mode Command prompt, 
  • untuk pengguna Windows XP/Vista/7,  klik Start – All Programs – Accessories – Command Prompt, klik kanan lalu buka dengan memilih Run As Administrator.
  •  untuk pengguna pengguna Windows 8, tekan tombol Windows+X lalu pilih Command Prompt (Admin).
2. Ketik perintah powercfg –energy, kemudian tekan Enter.  Windows akan memberikan laporan mengenai semua penggunaan daya beserta penjelasannya. Semua proses ini memakan waktu sekitar 60 detik.
Hasil dari diagnosa command prompt akan menampilkan jumlah errors, warning, dan informasi. 
Bagian errors : merupakan hal yang membutuhkan perhatian paling penting,  dimana informasi ini adalah  sebagai penyebab borosnya penggunaan daya.
Bagian warnings : merupakan saran bagi kalian untuk   mengoptimalkan kinerja baterai. 
Bagian informasi : berisikan semua keterangan tambahan mengenai hardware maupun software yang terpasang pada sistem.
    Untuk melihat laporan secara mendetail, kalian bisa melihat file energy-report berupa file html.  Jelajah lokasi file energy-report.html,  dalam contoh gambar diatas tertulis lokasi dimana tempatnya yaitu  C:UsersLenovoenergy-report.html (tergantung nama dan laptop kalian) dan klik ganda untuk membukanya.
Pada bagian Analysis Results terdiri dari informasi :
  1. Bagian errors berwarna latar belakang merah muda. Dan ini merupakan permasalahan yang berpengaruh besar terhadap penggunaan batere, kalian harus segera memperbaiki bagian ini untuk mengoptimalkan kinerja baterai agar lebih hemat. Perbaikan bagian ini  bisa menghemat hingga 15% penggunaan daya baterai.
  2. Bagian warning ditandai dengan latar belakang  warna kuning. Bagian ini merupakan saran yang bisa kalian lakukan, meski tidak berakibat fatal tapi bisa membantu menghemat penggunaan baterai jika kamu memperbaiki permasalahannya.
  3. Bagian informasi ditandai dengan latar warna putih yang merupakan laporan berisi data informasi dari perangkat yang ada dan tidak terdapat masalah yang berimbas pada penggunaan baterai.

Mudah bukan cara Periksa Batere Laptop | Minimalkan Kerusakan , semoga berguna dan membantu. Untuk cara perbaikan InsyaAllah akan saya tulis secepatnya satu persatu.

Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *