Kategori
Virus Windows

Teknik Penyebaran Malware

Piye Kabare Brooo…!!!
Memahami dengan dekat apa itu malware tentu mempermudah kita dalam mengatasi dan mencegah malware.  Setelah membahas ciri-ciri komputer yang terkena malware dan aktivitas yang biasanya dilakukan oleh malware. Maka kita perlu juga tahu jenis-jenis malware yang ada di dunia ini. Banyak orang salah kaprah dengan menganggap segala hal yang merusak semua sistem komputer adalah virus. Sebenarnya kurang tepat, karena virus sendiri adalah bagian dari malware. Nah kali ini kita akan  berkenalan dengan malware, apa itu malware , jenis dan bagian dari malware, asal usul malware, cara penyebaran malware, cara mengatasi malware dan sebagainya.

Teknik Penyebaran Malware

Ada berbagai macam cara yang biasanya dilakukan sebuah malware untuk melakukan penyebaran. Sebagian besar cara penyebarannya menggunakan teknik social engineering, yaitu sebuah cara dengan menipu korbannya seakan-akan file yang akan dibuka bukan merupakan software yang berbahaya. Berikut ini berbagai macam cara malaware melakukan penyebaran :

Boot Sector

Pada sebuah harddisk terdapat sebuah lokasi yang dipakai untuk menampung sebuah informasi yang berisi data partisi. Sebuah malware dapat menginfeksi lokasi tersebut agar dirinya bisa aktif setiap kali pengguna menjalankan sebuah komputer. 

Infeksi File

Malware melakukan penyabaran dirinya dengan melakukan infeksi ke sebuah file. Biasanya file yang diinfeksi adalah file executable/ Namun tak jarang file yang berupa source code turut diinfeksi

Email

Saat malware bisa memasuki area email kalian, maka tidak susah untuk menyebarkan dirinya sendiri melalui email. Dengan memanfaatkan SMTP open relay maka malware akan mencari alamat kontak email korban lalu kemudian mengirim duplikasi dirinya ke semua kontak.

Chat Messenger

Mungkin banyak dari kalian atau hampir semua pemakai facebook messenger pernah mendapat kiriman link yang tidak dikenal dari seseorang bahkan teman sendiri. Link itu mungkin bukan teman kalian yang mengirim namun malware yang aktif dalam komputer korban. Link itu jika kalian buka akan membuat sang malware yang tersimpan menanam diri ke komputer kalian. Malware melakukan ini dengan memanfaatkan cookies yang tersimpan.

Jaringan Lokal 

Jika kalian menaruh file bersama dalam suatu jaringan lokalbisa beresikomenjadi tempat penyebaran sebuah malware. Hal ini dimungkinkan jika komputer yang ada di jaringan salah satunya terinfeksidan membuka folder yang di share, maka malware dapat menggandakan dirinyake folder tersebut, sehingga malware bisa dengan mudah meyebarkan dirinya ke komputer yang lain.

Selanjutnya
Sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *