Kategori
android

Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 3


Piye Kabare Brooo…!!!


Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 3Pada bagian ini kita masih akan kupas pada bagian design kembali, karena aplikasi android yang akan kalian buat pada awalnya harus tertata rapi desainnya. Kemampuan mengatur dan meletakkan komponen yang tepat pada bagian design ini selain akan membuat tampilan aplikasi buatan kalian terlihat elegan juga akan memudahkan penyusunan block nantinya.

AppBuilder

Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 3

Melanjutkan tulisan sebelumnya yang membahas properties di tampilan awal aplikasi yaitu screen. Properties ini akan mengatur tampilan komponen palette yang kalian buat agar menjadi rapi sesuai keinginan kalian.
ScreenOrientation

Unspecified ▾
ScreenOrientation ini berfungsi untuk mengatur tampilan aplikasi kalian apakah potrait atau berdiri, tidur atau landscape, sensor atau sesuai dengan keadaan handphone pengguna, user atau sesuai keinginan pengguna.
Scrollable
Scroollable ini mempunyai fungsi ketika aplikasi buatan kalian terlalu panjang maka akan muncul tombol geser disamping kanan agar aplikasi bisa dilihat sampai ke bawah. Penggunaanya tinggal memberi centang saja.
ShowListsAsJson
JSON merupakan open standard untuk pertukaran data yang berupa teks. Dengan menggunakan syntax yang sederhana, anda bisa menyimpan apapun, mulai dari data berupa number, string, array dan object dalam bentuk teks. Sekali anda membuat string JSON, maka cukup mudah untuk mengirimkannya ke aplikasi lain, karena ia hanya berupa teks. Penggunaanya tinggal memberi centang saja.
ShowStatusBar
Berfungsi ketika aplikasi dimainkan maka status bar hp android seperti batere, jam, sinyal hp akan tetap terlihat ketika aplikasi buatan kalian digunakan.
Sizing

Fixed ▾
Sizing mempunyai fungsi sebagai pengaturan  aplikasi akan tetap tidak perduli ukuran layar hp android pengguna, sedangkan jika kalian memilih responsive maka aplikasi akan menyesuaikan seperti ukuran layar hp kalian.
StatusBarColor

      Default
StatusBarColor akan membuat warna background di status bar hp android pengguna berubah warna sesuai dengan keinginan kalian
Title
Untuk merubah nama screen 1 menjadi lebih menarik sesuai keinginan kalian maka appbuilder menyediakan menu title. Silahkan tulis di kolom title.
TitleColor

      Default
Fungsi TitleColor ini untuk merubah warna title diatas.
TitleVisible
Jika kalian tidak menginkan Menu title diatas tampil maka hilangkan tanda centang.
TutorialURL
TutoriialURL untuk memberikan link website yang kalian inginkan pada aplikasi yang akan dibuat.
VersionCode
VersionName
VersionCode dan VersionName untuk memberi nama aplikasi kalian dan versinya.
Demikian Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 3 semoga membantu dan bermanfaat. Ikuti bagian 4 untuk pembahasan bagian palette.
Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *