Kategori
android

Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 4

Piye Kabare Brooo…!!!

Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah | Bagian 4, Sehubungan dengan banyaknya permintaan baik melalui email dan whatsapp untuk menuliskan tutorial mulai awal, maka kali ini mimin mulai dari awal atau dasarnya. Tutorial ini akan kita bagi menjadi beberapa bagian, dimulai dari pengenalan aplikasinya. Aplikasi yang kita pakai adalah appinventor, thunkable dan appybuilder. Tiga aplikasi itu sebenarnya sama berbasis dari app inventor, sedangkan thunkable adalah versi pengembangannya dan appybuilder adalah versi paling lanjut. Sekedar mengingatkan untuk aplikasi yang dipakai sebagai tutorial ini menggunakan aplikasi appbuilder online, kunjungi halamannya disini

Membuat aplikasi android semudah membuat mie instan
Appybuilder

Tutorial Membuat Aplikasi Android Secara Mudah

Seperti janji pada tulisan sebelumnya Tutorial Membuat Android Secara Mudah | Appybuilder, Thunkable dan App Inventor kali ini kita akan membahas bagian design. Komponen pertama adalah  palette yang disusun dari beberapa menu, semuanya dikelompokkan ke dalam satu menu jika memiliki tema / fungsi yang sama. Komponen palette ini terjadi dari beberapa bagian lagi yaitu User Interface, Layout, Media, Drawing and Animation, Maps, Sensors, Social, Storage, Connectivity, LEGO® MINDSTORMS®, Visualization, Monetize, Advanced, Experimental dan Extension. Kali ini kita akan membahas semua hal yang ada dalam User Interface. 

User Interface

User Interfase atau tampilan antar muka merupakan bagian awal dari komponen palette. User interface sendiri terbagi lagi menjadi beberapa menu, lihat gambar dibawah ini.
Membuat aplikasi android semudah membuat mie instan
Appybuilder

Button

Button merupakan menu awal yang ada di user interface, button ini merupakan menu yang berfungsi seperti tombol untuk melakukan fungsi selanjutnya. Sebagai contoh jika kalian memainkan game ada menu untuk keluar, yang jika ditekan maka aplikasi akan keluar. Button merupakan variabel yang sering digunakan dalam pembuatan aplikasi.
Membuat aplikasi android semudah membuat mie instan
Appybuilder
Untuk menggunakan fungsi button ini, kalian cukup menarik fungsi button ke tengah komponen viewer. Setelah tampil dalam menu viewer kalian bisa mengubah nama button dengan fasilitas rename atau menghapus dengan fasilitas delete yang ada pada component. Rename atau mengganti nama sangat penting untuk memudahkan penyusunan block, terutama jika button yang kalian pasang sangat banyak. 
Selanjutnya kalian perhatikan menu properties, disana ada beberapa bagian lagi yaitu :
BackgroundColor

      Default
BackgroundColor berfungsi untuk merubah warna tampilan dari button. Warna awal dari button adalah default, untuk merubah warna button ini cukup klik tombol default lalu klik warna yang kalian inginkan.
Enabled
Menu ini secara default dalam keadaan sudah tercentang, jika kalian menghilangkan tanda centang ini maka akan mematikan fungsi button jika ditekan. Biarkan saja dalam keadaan tercentang, kecuali jika kalian mempunyai keinginan yang berbeda terhadap fungsi berbeda.
FontBold
FontBold merupakan menu untuk merubah huruf menjadi tebal sama seperti fungsi bold pada ms-office. Dengan memberi centang pada menu FontBold akan mengubah tulisan di button menjadi tebal.
FontItalic
FontItalic  merupakan menu untuk merubah huruf menjadi miring sama seperti fungsi italic pada ms-office. Dengan memberi centang pada menu FontItalic akan mengubah tulisan di button menjadi huruf miring.
FontSize
Jika kalian merasa tulisan di button kurang besar atau kurang kecil kalian bisa merubah ukuran huruf nya di menu FontSize ini.
FontTypeface

default ▾
Kalian juga bisa merubah jenis hurufnya sesuai dengan keinginan kalian, msekipun jenis huruf yang disediakan sangat terbatas, hanya ada 3 jenis huruf yaitu sans serif, serif dan monospace.
FontTypefaceCustom
Untuk mengatasi keterbatasan jenis huruf yang disediakan kalian bisa memasukkan jenis huruf yang lain dengan menggunakan FontTypefaceCustom. Kalian bisa mendownload huruf nya disini
Height
Untuk mengatur tinggi menu button gunakan menu height. Secara default terisi automatic ini akan membuat tinggi tombol button otomatis sesua dengan ukuran huruf. Kalian juga bisa mengubah ukuran menjadi Fill parent yang membuat tinggi button memenuhi layar handphone. Atau atur sendiri tinggi button dengan menulis angka pada kolom pixels atau percent

Width
Menu width ini untuk mengubah lebar menu button yang ingin kalian buat, sama hanya dengan menu height kalian diberi pilihan untuk membuat lebar button kalian.
Image
Menu image ini untuk memberi gambar atau mengubah tampilan button kalian sesuai keinginan. klik menu image kemudian akan ada pilihan upload file. Klik upload file dan pilih gambar yang tersimpan dalam komputer kalian. klik ok tunggu aplikasi mengunggah gambar kalian kedalam aplikasi.
Shape

default ▾
Secara default tombol menu disajikan dalam bentuk persegi panjang, ada 3 pilihan bentuk yaitu rounded atau bulat, rectanguler atau persegi panjang dan oval.
ShowFeedback
Menu showfeedback atau tampilkan umpan balik secara default sudah tercentang.
Text
Secara default tulisan di button adalah text for button1, kalian bisa mengubah tulisan menjadi sesuai fungsi dari aplikasi yang kalian buat misal masuk, keluar, lanjut dan lainnya
TextAlignment

center : 1 ▾
TextAlignment ini untuk mengatur kata pada button apakah rata kiri, tengah ataupun rata kanan
TextColor

      Default
Secara bawaan warna tulisan pada button akan tersetting default kalian bisa merubah warna tulisan dengan menekan tulisan default dan memilih warna yang kalian inginkan.
Visible
Visible ini merupakan menu untuk menampilkan button terlihat atau tidak secara default menu ini akan tercentang. Kalian bisa mengubah pengaturannya dengan menekan tombol centang.
Sampai disini tombol button telah selesai kalian buat.
Ikuti tulisan selanjutnya untuk menu yang lainnya
Salam Koper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *